Camat Glumpang Baro Lantik Imum Mukim Riwat & Imum Mukim Glumpang Payong

Laporan: Redaksi author photo
Sigli| -Tgk Ridwan resmi menjabat sebagai Imum Mukim Riwat periode 2020-2025 menggantikan Imum Mukim periode sebelumnya Nasrullah Ahmad.

Sementara itu,  Mukim Glumpang Payong H.Amir Hamzah menggantikan Jasmani Imum Mukim lama. Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan Tgk Ridwan dan H.Amir Hamzah dipimpin oleh Camat Glumpang Baro Muhammad Nauval,S.STP  Jumat (03/07/2020) di Aula Kantor Camat setempat. 

Turut hadir di sana Kapolsek Baro IPDA Syahrial, Danramil Glumpang Baro diwakili Batuud Serka Herman,S , Keuchik dan tokoh adat beserta sejumlah pejabat lainnya.
Dalam sambutannya, Muhammad Nauval menyampaikan harapannya kepada Imum Mukim Riwat dan Glumpang Payong yang baru untuk bekerja dengan sungguh-sungguh mengingat besarnya tanggung jawab yang diemban.

 “Imum mukim tugasnya sebagai perantara untuk meringankan tugas keuchik dan camat. Fungsi koordinasinya sangat besar karena harus mempu mengayomi  gampong dalam Kemukiman Glumpang Baro".

“Hal-hal yang perlu dipantau antara lain mengenai penyelesaian sengketa adat di gampong, dan penerapan hukum adat.
Ini tugas berat, karena sedikit saja meleset penyelesaiannya dapat berpotensi terjadi perpecahan dalam masyarakat.

Di samping itu, "pelaksanaan syariat islam juga harus dikawal dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Terkait persoalan ekonomi masyarakat, sambung  Muhammad Nauval. Imum mukim juga harus berperan dalam mencarikan solusi untuk menekan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Misalnya dengan mengarahkan usaha ekonomi kreatif yang cocok untuk suatu gampong” ungkapnya.

Hal lainnya, Camat juga meminta Imum mukim untuk ikut mengawasai Alokasi Dana Gampong (ADG).

 “Pastikan penggunaan dana gampong tepat sasaran, dan jangan sampai terjadi penyelewengan sehingga dapat menimbulkan masalah hukum di kemudian hari.” ungkap Muhammad Nauval.

Kepada segenap unsur Muspika Kecamatan Glumpang Baro, tokoh masyarakat dan seluruh warga, Camat mengharapkan agar dapat mendukung imum mukim yang baru sehingga cita-cita di kemukiman Gemilang Dalam Bingkai Syariah bisa terwujud.

“Muspika juga mengharapkan dukungan dari imum mukim untuk menyukseskan  yang sejatinya digerakkan oleh gampong-gampong yang ada dalam kecamatan Glumpang Baro.

"Kami selalu terbuka untuk segala saran dan masukan dalam membawa Glumpang Baro ke arah yang lebih baik,” Demikian pungkasnya . (Muntadir)
Share:
Komentar

Berita Terkini