Tgk. H. Sarkawi Bupati Bener Meriah Vidcon Se Aceh Dalam Rangka Meningkatkan Ketahanan Pangan

Laporan: Admin author photo


Bener Meriah | Bupati Bener Meriah Abuya Tgk.H.Sarkawi, mengikuti Video Conferece (Vidcon) Forkopimda Aceh dengan seluruh kabupaten/kota dalam rangka "Meningkatkan ketahanan pangan untuk mendukung percepatan pencegahan dampak wabah Covid-19"  di ruangan Media Center Kantor Bupati Bener Meriah, Rabu (08/07/2020). 

Selain Bupati Bener Meriah, video Conference (Vidcon) tersebut juga diikuti oleh Forkopimda Kabupaten Bener Meriah.

Dalam kata sambutan Plt Gebernur Aceh Menyampaikan bahwa pemerintah Aceh harus terus bersatu padu dalam berupaya mengantisipasi krisis pangan yang kemungkinan terjadi pada masa wabah covid-19. Oleh karena itu pemerintah Aceh melalui Program Gerakan Mandiri Pangan Aceh (Gampang) dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dimasa kondisi wabah covid-19. Dalam meningkatkan ketahanan pangan ini, pemerintah Aceh Fokus pada comudity , 1. Padi dan jagung, 2. Budidaya ikan Lele, 3. Sayur mayur, 4. Kesesejangan telur 5. Ketersediaan air untuk lahan perikanan.

PLT Gebernur Aceh juga mengingatkan kepada kabupaten/kota untuk meningkatkan pengawasan pergerekan orang dengan provinsi sebelah, provinsi sumatra. Kemudian untuk kabupaten/kota agar terus memberi laporan atau perkembangan masalah wabah Covid-19 ke gugus tugas Aceh dan jajaran lainnya.

Tgk.H.Sarkawi juga memberi laporan atau perkembangan melalu Vidcon tersebut. Bahwa kabupaten Bener Meriah memiliki perbedaan dengan beberapa kabupaten/kota di provinsi Aceh. Bener Meriah ini memiliki posisi yang rentan. Kita memiliki tanah yang luas, tapi keseluruhannya merupakan tanaman kopi yang orientasinya adalah ekspor. Namun semenjak adanya wabah covid-19 ini, ekspor kopi gayo terhambat, sehingga terjadi dinamika yang luar biasa di tengah masyarakat kami. 

Tgk.H.Sarkawi juga menjelaskan mengenai program ketahanan pangan yang akan diberikan kepada seluruh masyarakah di Bener Meriah. Dalam setiap keluarga akan akan di bantu senilai RP. 500.000, ini dalam bentuk bahan baku seperti padi, jagung,  kacang-kacangan, kentang,  ayam, bebek dll. Yang semuanya ada 11 comudity, dan program ini sudah berjalan. Tujuan program ini agar masyarakat tidak melakukan kerumunan dan selalu melakukan sosial distancing dengan berkebun. Ini salah satu sebagai inovasi penangan covid-19 di Bener Meriah. Walaupun ini sedikit sulit karena banyak masyarakat berbeda pemahaman, yang ingin instan.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bener Meriah berharap PLT Gebernur aceh dan Forkopimda lainnya untuk berkenan hadir dalam acara launching ketahanan pangan di kampung Umah Besi, Kecamatan Gajah putih, Pada Kamis (09/07/2020)," tutupnya.

Sebagai penutup acara tersebut PLT Gebernur juga berharap kepada kabupaten/kota untuk terus melakukan inovasi dalam melakukan pencegahan wabah covid-19. Dan saling berbagi/share kepada kabupaten/kota lainnya. [Sumarsono]
Share:
Komentar

Berita Terkini